Hijikata Toshizou

Hijikata adalah anak dari seorang petani ( ketika berumur 11 tahun), ia seperti Sanosuke, berkelahi dan bertengkar setiap hari. Kemudian kakak perempuannya menikah dengan pria yang cukup ternama, dan pada saat itu lah kakak iparnya menyarankan Hijikata untuk menjadi sales obat, menjual Ishida Sanyaku.Formula yang telah ada didalam keluarga Hijikata secara turun temurun. Pada saat itulah ia bertemu dengan Kondou muda.

Belakangan obat Ishida Sanyaku seringkali digunakan oleh Shinsengumi untuk mengobati luka-luka dan patah tulang sehabis bertarung.

Hijikata ditakuti oleh setiap orang karena tidak mempunyai belaskasihan. Julukannya adalah Setan Shinsengumi. Ahli strategi dan taktik dari Shinsengumi.

Salah satu peraturan Shinsengumi yang paling utama adalah bahwa semua penghianat, termasuk pembelot, hanya mempunyai satu jalan yaitu : SEPPUKU.
Yamanami adalah salah satu pembelot. Setelah Yamanami mengakui semua perbuatannya, ia dipenggal mati oleh anggota lain Shinsengumi, seluruh proses pemenggalan diawasi oleh Hijikata.
Perlu diketahui bahwa Hijikata mengenal Yamanami sejak mereka di Shieikan, Hijikata bersikap demikian karena ia menyadari bahwa ia adalah seorang pemimpin dan tidak boleh bersikap terlalu lunak, walaupun ia bersikap terlalu ekstrim. Dia memilih untuk berperan sebagai “seorang iblis di depan semua orang dan membunuh semua orang yang ia sayangi, dan menangis sedirian di dalam kegelapan”.
Sebagai seorang pemimpin, ia harus tegas dan menjadi contoh yang baik bagi para pengikutnya dengan mengesampingkan apa yang ia rasakan sebenarnya. Sesungguhnya ia sangat menderita dibalik sikap dinginnya tersebut.

Setelah kekalahan Shinsengumi di perang Boshin dan kematian Kondou, Hijikata bergabung dengan Enomoto Takeaki (mantan anggota pasukan angkatan laut pemerintahan Bakufu), melarikan diri ke Hokkaido dan mulai mendirikan Hokkaido Republik untuk terus berjuang melawan pemerintahan Ishin.
Akan tetapi, Hijikata tertembak sehingga meninggal dalam perang tahun 1869, 2 tahun pemerintahan Meiji, di usia 35 tahun.

Sumber: kobuse.blogspot.com

Posted on 31 Mei 2012, in pengetahuan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silahkan komentar disini^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: