Fakta Sejarah di Gintama

Assalamualaikum

Udah lama nih nggak posting. Hari ini aku mau posting tentang seputar anime Gintama. Ternyata sebagian besar karakter benar-benar ada lho^o^. Ini dia check this out:

 

Jepang/Nihon (にほん)

Pada awal abad ke 17, Jepang masih mengadopsi kebijakan tertutup untuk negara mereka, mereka memutuskan hubungan dengan semua negara asing. Pada tahun 1853, armada Amerika Serikat yang dipimpin oleh Laksamana Perry memaksa untuk membuka pintu Jepang, yang menyebabkan modernisasi pada sistem sosial politik Jepang yang pada akhirnya menyebabkan kejatuhan Bakufu. Pemerintahan samurai pun berakhir dengan restorasi pada tahun 1868.
Itu yang terjadi, akan tetapi di Gintama, Amerika Serikat diganti dengan Amanto, yang juga julukan untuk orang-orang asing(selain orang Jepang), dan Bumi dianggap sebagai satu negara bernama Jepang. Sementara, negara-negara yang ada di dunia diganti dengan planet-planet dan galaksi-galaksi.

Sakata Gintoki (坂田銀時)

Namanya berasal diambil dari cerita rakyat Jepang “Kintaro”, yang ketika dewasa memakai nama “Sakata Kintoki”. Kintaro adalah anak yang memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, dia hidup pada saat zaman Heian, beda dengan setingan waktu yang diambil Gintama (zaman Edo). Kintaro dapat berkomunikasi dengan binatang dan dia memiliki banyak teman dari binatang di gunung tempat dia dibesarkan, bahkan, dia dapat bertarung melawan mereka. Setelah kejadian tertentu, dia  menjadi Samurai dan merubah namanya menjadi Sakata Kintoki (坂田公時).
Ketika Kintoki dewasa, dia menjadi samurai dan menjadi pengawal dari Minamoto no Yorimitsu. Dia juga populer akan kemampuannya ketika mengalahkan ‘oni’ Shutendoji yang tinggal di Gunung Oe bersama-sama dengan 3 rekannya (para pengawal Minamoto no Yorimitsu) yang dikenal dengan nama “Shitenno” (empat pemberani).  Akan tetapi, pengarang Gintama, Sorachi-sensei, mengaku jika dia tidak mem-plot Gintoki sebagai keturunannya Kintaro.
Kintaro adalah legenda yang sangat terkenal di Jepang, bahkan ada Anime berjudul “Golden Boy”, yang merujuk pada pada nama “kintaro” itu sendiri. Bahkan, dari zaman Edo, ada permen yang dinamakan Permen Kintaro. Orang Jepang juga menjadikan tradisi untuk mendekorasi kamar anak yang baru lahir pada 5 Mei (hari anak di Jepang) dengan boneka Kintaro, berharap anak mereka akan kuat dan berani seperti Kintaro.

Shimura Shinpachi (志村新八)

Ketika karakter-karakter di Gintama akan dibentuk, Shinpachi sebenarnya akan di-plot untuk menjadi bagian dari Shinsengumi sebagai Nagakura Shinpachi (永倉新八), kapten Shinsengumi unit II. Tapi, dia malah diberi kacamata dan menjadi orang yang memberikan “punch line”. Sementara, nama keluarganya, “Shimura”, diambil dari seorang komedian Jepang, Shimura Ken (志村けん).

 

 

Shinsengumi (真選組)
Shinsengumi berasal dari kata “shinsen” artinya yang baru dipilih dan “gumi” atinya skuad atau grup. Shinsengumi(真選組) yang di Gintama berdasarkan satuan polisi khusus, Shinsengumi(新選組)yang dulunya bernama Mibu Roshigumi, satuan polisi ini bertugas untuk mengatasi para samurai-samurai pemberontak yang melawan kebijakan Bakufu yang memperbolehkan orang asing masuk ke Jepang, yang dikenal dengan mazhab politik “sonno joi”(pertahankan kekaisaran, usir orang asing) . Sorachi-sensei hanya mengganti kanji “shin” (yang artinya “baru”) pada Shinsengumi yang asli menjadi kanji “shin” (yang artinya “benar”) untuk di-adaptasi di Gintama yang menghasilkan ejaan/bunyi yang sama tapi dengan makna berbeda. Beberapa nama dari tokoh Shinsengumi yang asli tetap diadaptasi di Gintama.

Namun, seragam yang dipakai di Gintama sangat jauh berbeda dengan yang aslinya. Beberapa nama masih dipakai dalam Gintama yang berdasar dari tokoh sejarah (orang) aslinya.

Sorachi-sensei memberitahukan nama-nama yang ada di Shinsengumi di Volume 11:

Komandan    : Kondo Isao (近藤勲)                                          Kondo Isami (近藤勇)

Wakil Komandan    : Hijikata Toshiro(土方十四郎)      Hijikata Toshizo (土方歳三)

Kapten:          Gintama                                                                              Tokoh Asli
Unit I    Okita Sogo (沖田総悟)                                                   Okita Soji (沖田総司)

Unit II  Nagakura Shinshichi (永倉新七)                    Nagakura Shinpachi (永倉新八)

Unit III  Saito Shu (斉藤終)                                                    Saito Hajime (斎藤一)

Unit IV  Sugihara Chuji (杉原忠司)                                Matsubara Chuji (松原忠司)

Unit V   Takeda Kannensai (武田観念斎)                 Takeda Kanryusai (武田観柳斎)

Unit VI   Inoue Genjiro (井上源二郎)                       Inoue Genzaburo (井上源三郎)

Unit VII   Oka Sanjuro (丘三十郎)                                    Tani Sanjuro (谷三十郎)

Unit VIII   Todo Bokosuke (藤堂凹助)                           Todo Heisuke (藤堂平助)

Unit IX    Niki Jiro (二木二郎)                                 Suzuki Mikisaburo (鈴木三木三郎)

Unit X    Harada Unosuke (原田右之助)                 Harada Sanosuke (原田左之助)

Pangkat Inspektur:
Yamazaki Sagaru (山崎 退)                                          Yamazaki Susumu (山崎 烝)

Shinohara Shinnoshin(篠原進の進)                   Shinohara Tainoshin (篠原泰之進)

Yoshimura Oretaro (吉村折太郎)                      Yoshimura Kanichiro (吉村貫一郎)

Kondo Isao (近藤勲)

Namanya diambil dari Kondo Isami (近藤勇), komandan asli Shinsengumi dan teman dekat Hijikata Toshizo. Kondo juga terkenal karena katana-nya yang hebat dan langka yang bernama “kotetsu”, tapi beberapa ahli sejarah mengatakan kalau miliknya adalah kotetsu palsu. Kondo-Gintama juga memiliki katana tersebut, dia memanggilnya “kotetsu-chan” dan sempat patah sebelum dia sempat melunasi cicilannya (episode 17), dan kemudian, dia membeli Kotetsu Z-II yang mudah sekali (dan secara sengaja) di patahkan oleh Sogo.

 

 

Hijikata Toshiro (土方十四郎) 

Namanya diambil dari Hijikata Toshizo (土方歳三), yang bersama-sama dengan Kondo Isami mendirikan Shinsengumi. Dia adalah Wakil Komandan Shinsengumi dan juga dikenal sebagai Iblis dari Shinsengumi. Hijikata dengan ketat menjalankan peraturan yang dibuatnya untuk para anggota Shinsengumi yang dikenal dengan Kyokuchu Hatto (Peraturan/kode etik Shinsengumi) yang mengatur seluruh anggota Shinsengumi, namun, karena itu juga, banyak anggota Shinsengumi yang harus mati melakukan ‘seppuku’.

Kyokuchu Hatto memiliki 5 pasal:
1.      Dilarang melanggar Bushido.
2.      Dilarang meninggalkan Shinsengumi.
3.      Dilarang memperbanyak uang (berbisnis) secara sembunyi-sembunyi/untuk pribadi.
4.      Dilarang ikut campur dalam urusan orang lain.
5.      Dilarang melakukan pertarungan yang bersifat untuk pribadi.

Yang melanggar harus dihukum ‘seppuku’. Selain itu, Shinsengumi juga memiliki peraturan ini:
1.      Jika pemimpin unit mati/terluka parah, semua anggota dari unit tersebut haru bertarung hingga mati di tempat kejadian.
2.      Jika ada pertarungan yang sangat serius(sangat tinggi kemungkinan kehilangan nyawanya), tidak diperbolehkan untuk mengambil badan/mayat orang yang sudah mati, kecuali mayat pemimpin unit.

Okita Sogo (沖田総悟)

Namanya merujuk pada Okita Soji (沖田総司), kapten unit I Shinsengumi. Soji adalah seorang samurai yang berbakat, atau lebih tepatnya tensai(jenius), dia disebut-sebut sebagai orang yang paling jago menggunakan katana di Shinsengumi. Ada rumor kalau Soji memiliki katana yang terkenal yang dibuat oleh Ichimonji, namanya adalah Kiku-ichimonji. Sogo juga memiliki katana yang menjiplak katana dari Soji, namanya Kiku-ichimonji RX-78.

 

 

Okita Mitsuba (沖田ミツバ)

Okita Soji mempunyai dua kakak perempuan, yang paling tua namanya Mitsu. Inilah asal nama Okita Mitsuba. Sebelum Soji mati, dia menderita tuberkolosis dan Mitsu, kakaknya, yang merawatnya hingga dia mati. Kebalikannya, di Gintama, Mitsuba yang penyakitan hingga akhir hayatnya.

 

 

Yamazaki Sagaru (山崎 退)

Berdasarkan tokoh Yamazaki Susumu (山崎 烝), seorang perwira Shinsengumi yang juga bertindak sebagai mata-mata mereka.

 

 

Matsudaira Katakuriko (松平片栗虎)

Berdasarkan tokoh Matsudaira Katamori (松 平 容 保), seorang komisaris militer untuk mempertahankan perdamaian di Kyoto. Seperti unit lain, Katamori juga mengendalikan dan mengontrol Shinsengumi. Tidak begitu historis, tetapi Sorachi mengatakan model Matsudaira adalah Robert De Niro.

 

 

 

Ito Kamotaro (伊東鴨太郎)

Berdasarkan tokoh Ito Kashitaro (伊 东 甲子 太郎), yang secara resmi dikenal sebagai Suzuki Okura sebelum bergabung dengan Shinsengumi. Dia berpendidikan tinggi dan dikagumi oleh Kondo Isami. Rumor mengatakan bahwa Hijikata tidak disukai Ito ketika ia bergabung dan curiga terhadap motif sebenarnya untuk bergabung. Ketika mendapatkan kepercayaan Shinsengumi, Ito diam-diam bertemu dengan anggota klan Satsuma dan bahkan membuat rencana untuk membunuh Kondo. Ito kemudian dibunuh oleh anggota Shinsengumi.
Ito juga kemungkinan mendapat namanya dari Serizawa Kamo (芹 沢 鸭) yang juga seorang komandan Shinsengumi.

Mimawarigumi (見廻組)

Seperti Shinsengumi, Mimawarigumi juga merupakan kekuatan polisi khusus, yang diciptakan untuk memulihkan ketertiban di Kyoto. Para Mimawarigumi terdiri dari samurai berpangkat tinggi dan pengikut yang melayani  pejabat feodal, bertentangan dengan Shinsengumi yang terdiri dari ronin.

Sasaki Isaburo (佐々木異三郎)

Sasaki Isaburo adalah komandan Mimawarigumi, namanya berdasarkan pada tokoh pemimpin Mimawarigumi, Sasaki Tadasaburo (佐 々 木 只 三郎).

 

 

Sasaki Tetsunosuke (佐々木鉄之助)

Untuk yang satu ini, Tetsunosuke mendapat namanya dari kombinasi dua orang yang terkait dengan Hijikata:

Ichimura Tetsunosuke (市 村 鉄 之 助) adalah anggota Shinsengumi dan pelayan Hijikata.
Sasaki Kuranosuke (佐 々 木 蔵 之 助) adalah bagian dari unit Hijikata dan ambil bagian dalam Insiden Ikedaya.

 

 

 

Imai Nobume (今井信女)

Imai Nobume adalah anggota perempuan dan bagian dari unit pembunuh Mimawarigumi. Dia dipengaruhi oleh mantan anggota Mimawarigumi Imai Noburo (今井 信 郎), yang telah mengaku bahwa dia terlibat dalam pembunuhan Sakamoto Ryoma dengan Tadasaburo dan lainnya.

 

Hijikata Tamegoro (土方為五郎)
Berdasarkan tokoh Hijikata Tamejiro (土方 为 次郎), putra sulung keluarga Hijikata. Ia dilahirkan buta dan tidak bisa mewarisi harta keluarga.

Otose (お登勢)

Otose adalah istri dari Isuke (bukan Tatsugoro), Seorang petani dari Desa Terada. Isuke mendirikan Inn Terada, yang merupakan tempat berkumpul ronin pro-imperal loyalis. Dua peristiwa besar terjadi di lokasi ini, sala satunya adalah pertempuran Sakamoto Ryoma dengan serangan yang berbahaya.

 

 

Katsura Kotaro (桂小太郎)

Katsura mendapat namanya dari Kido Takayoshi yang pergi dengan nama Katsura Kogoro (桂 小五郎) ketika ia diadopsi ke dalam keluarga Katsura di usia muda. Ia juga diberi gelar “Pelarian Kogoro” (逃げ の 小五郎 / nige no kogorou). Dalam drama Jepang “Shinsengumi!” yang Sorachi-sensei digunakan untuk mendapatkan dari beberapa ide, dia selalu akan dikenal untuk menghindari penangkapan.

 

Ikumatsu (幾松)

Sejarah mengatakan Kido Takayoshi terpaksa menyembunyikan seorang geisha bernama Ikumatsu yang kemudian menjadi istrinya. Jika kalian ingat Lesson 55/Episode 39, Katsura terluka oleh Shinsengumi dan harus bersembunyi. Dia akhirnya tinggal di toko ramen Ikumatsu dan sebagai imbalan, Katsura membantu masalahnya.

 

 

 

Sakamoto Tatsuma (坂本辰馬)

Dipengaruhi oleh Sakamoto Ryoma (坂 本 龙马) periode Bakumatsu yang merupakan seorang loyalis kekaisaran. Cara lain untuk mengucapkan “Ryou” kanji nama Ryoma adalah “Tatsu” (dalam kanji yang berarti “naga”), tetapi Sorachi-sensei cerdik menggunakan kanji yang berbeda untuk menghasilkan nama yang sama. Ryoma iri pada orang-orang barat dari kekuatan dan teknologi mereka tapi akhirnya menjadi akrab dengan mereka. Meskipun mahir dalam Kendo dan seorang samurai, ia lebih suka senjata api.
Dalam Gintama, Tatsuma adalah pemimpin Kaientai, yang juga nama perusahaan modern pertama di Jepang yang didirikan oleh Ryoma.
Ryoma menikah dengan Oryo. Dalam Gintama, Otae adalah teman Oryo yang dengan singkat disebutkan seorang pria bernama Sakamoto yang dekat padanya di episode 36, dan dalam anime asli (episode 57), diketahui Sakamoto meminta Oryo meminta untuk menikah dengannya, yang kemudian ditolak dengan tendangan keras.

Mutsu (陸奥)

Namanya berdasarkan tokoh Mutsu Munemitsu (陆 奥 宗 光), seorang diplomat dan salah satu anggota Kaientai.

 

 

 

 

Takasugi Shinsuke (高杉晋助)

Berdasarkan tokoh Takasugi Shinsaku (高杉 晋 作), seorang samurai yang mendirikan dan memimpin Kiheitai dalam upaya untuk memerangi Bakufu. Nantinya, Takasugi memimpin Restorasi Meiji.

 

 

Kawakami Bansai (川上万斉)

Pembunuh atau hitokiri dari Kiheitai berdasarkan tokoh Kawakami Gensai (河 上 彦 斎), seorang samurai sangat terampil dari zaman Edo yang merupakan salah satu dari empat pembunuh terkenal dari periode Bakumatsu.

 

 

 

Kijima Matako (来島また子)

Penembak dari Kiheitai, meskipun tidak sama,kemungkinan namanya berasal dari Kijima Matabei (来 岛 又 兵卫), seorang samurai yang melayani Lord Mori.

 

 

 

 

Takechi Henpeita (武市変平太)

Namanya berasal dari tokoh Takechi Zuizan, atau dikenal sebagai Takechi Hanpeita (武 市 半 平 太). Takechi adalah seorang samurai peringkat rendah yang direkrut anggota anti-Bakufu untuk partainya. Menjadi dalang dalam serangan kekerasan yang menyebabkan dekat temannya Sakamoto Ryoma menjadi waspada padanya.

 

 

 

Okada Nizo (岡田似蔵)

Namanya berasal dari Okada IZO (冈田 以 蔵), seperti Kawakami Gensai, juga dikenal sebagai salah satu dari empat pembunuh.

 

 

 

 

Yoshida Shoyo (吉田松陽)
Shoyo-sensei, guru Gintoki, Katsura, Takasugi, dan lain-lain selama perang sebelumnya. Namanya berasal dari tokoh Yoshida Shoin (吉田 松阴) yang pernah menjadi guru dari Takasugi Shinsaku dan lainnya. Shoin mulai mempelajari taktik saat dia 5 tahun, kuliah ketika ia berusia 8 tahun, dan bahkan mengajar di perguruan tinggi ketika dia 9 tahun. Shoin dikirim ke penjara dan dijatuhi hukuman tahanan rumah. Dia mendirikan sebuah sekolah di penjara, dan setelah dibebaskan dia mengajarkan kaum muda tentang seni militer dan politik.

Yagyu Kyubei (柳生九兵衞)

Berdasarkan tokoh Yagyu Jubei (柳生 十 兵卫) yang kemudian dianggap sebagai pendekar pedang terbaik dari Klan Yagyu. Ada sebuah legenda di mana Jubei hanya memiliki satu mata dan mengenakan penutup mata. Kata “Kyuu” dalam Kyubei artinya “sembilan”, dan “Juu” dalam Jubei berarti “sepuluh”.

 

 

 

Yagyu Koshimori (柳生輿矩)

Ayah Kyubei ini namanya berasal dari Yagyu Munenori (柳生宗 矩), seorang pendekar dan pendiri cabang Edo sekolah Shinkage Yagyu-ryu.

 

 

 

 

Yagyu Binbokusai (柳生敏木斎)

Kakek Kyubei yang namanya berdasarkan Yagyu “Sekishusai” Munetoshi (柳生 石 舟 斎 宗 厳) , ayah Yagyu Munenori. “Binbokusai” adalah yang secara harfiah berarti “bau kemiskinan”.

 

 

 

 

Sarutobi Ayame/Sacchan (猿飛あやめ/さっちゃん)

Nama belakangnya berasal dari Sasuke Sarutobi (猿 飞 佐 助), seorang ninja dalam cerita anak-anak.

 

 

 

 

Hattori Zenzo (服部全蔵)

Ninja pecinta majalah JUMP ini berasal dari Hattori Hanzo (服 部 半 蔵), seorang samurai terkenal yang melayani Tokugawa Ieyasu dan dikenal sangat berani dalam pekerjaannya. Ia sering digambarkan sebagai seorang ninja dalam budaya populer. Kelompok ninja Oniwabanshu (お 庭 番 衆) yang Hattori dan Sarutobi ikuti adalah bagian dari didasarkan pada sekelompok ninja dari nama yang sama yang bertugas di bawah Tokugawa Yoshimune.

 

 

Umibozu (星海坊主)

Namanya berdasarkan dari Umibozu (海 坊 主), roh dalam cerita rakyat Jepang. Umibozu dikatakan memiliki kepala besar dan bulat seperti seorang biarawan. Sorachi-sensei menandai kanji bintang (星) di depan nama, karena Umibozu penjelajah ruang angkasa.

 

 

 

Hiraga Gengai (平賀源外)

Berdasarkan tokoh Hiraga Gennai (平 贺 源 内), seorang farmakolog, dokter, penulis, pelukis, dan penemu pada zaman Edo.

 

 

 

 

Saigo Tokumori (西郷特盛)

Mademoiselle Saigo dari Kabukicho yang berdasarkan dari tokoh Saigo Takamori (西 郷 隆盛) dari zaman Edo akhir, seorang samurai yang membuat dampak besar dalam sejarah Jepang.

 

 

 

 

Tatsumi (辰巳)

Gadis pemadam kebakaran dari Kabukicho yang namanya diberikan Shinmon Tatsugoro (新 门 辰 五郎), pemimpin divisi-10 pemadam kebakaran Megumi Edo.

 

 

 

 

Murata Tetsuya (村田鉄矢)

Berdasarkan tokoh Murata Tsuneyoshi (村田 経 芳) yang menciptakan The Murata Gun sebelum menempa pisau yang diproduksi secara massal dalam tentara.

 

 

 

 

Kozenigata Heiji (小銭形平次)

Tokoh ini tidak didasarkan pada karakter kehidupan nyata, tetapi berdasarkan karakter fiksi bernama Edo Zenigata Heiji (銭 形 平 次), yang diciptakan oleh Nomura Kodo pada tahun 1937. Ia menangkap penjahat dengan melemparkan koin. Keduanya memiliki kaki tangan.

 

 

 

Doromizu Jirocho (泥水次郎長)

Karakter salah satu penguasa Kabukicho ini berdasarkan tokoh Shimizu Jirocho (清水 次郎 长), anggota terkenal dari Yakuza. Setelah bergabung dengan penjudi dan bertengkar dengan beberapa preman mabuk, ia meninggalkan istri dan berbisnis sebagai penjelajah selama tiga tahun di mana dia membuat namanya sendiri.

 

 

 

Kurogoma Katsuo (黒駒勝男)

Tokoh ini berdasarkan tokoh Kurokoma Katsuzo (黒 驹 胜 蔵).

 

 

 

 

Ketsuno Seimei (結野晴明) dan Shirino Doman (巳厘野道満)

Tokoh Seimei berdasarkan Abe no Seimei (安 倍 晴明) yang adalah seorang peramal / Onmyoji terkenal pada Periode Heian, diyakini terampil dalam memanipulasi roh / shikigami. Mitos mengatakan dia terlibat pertempuran magis dengan saingannya Ashiya Doman (芦 屋 道 満) yang ingin mengambil posisinya. Dalam Gintama, Seimei memanggil shikigami rubah-seperti disebut Kuzunoha (葛 叶) yang didasarkan pada Kuzunoha sebenarnya (葛の葉), rubah / kitsune dalam cerita rakyat yang adalah ibu dari Abe no Seimei.

Tokugawa Shogunate

Shogun di Gintama, Tokugawa Shigeshige (徳 川 茂 茂), kemungkinan namanya berasal dari tokoh Tokugawa Iemochi (徳 川 家 茂), shogun ke-14.
Tokugawa Sadasada (徳 川 定 定) kemungkinan namanya berasal dari tokoh Tokugawa Iesada (徳 川 家 定), shogun ke-13.

Brief Trio & Ieyasu (ブリーフスリー&家康)
Roh-roh / singkatan dari Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Akechi Mitsuhide, Tokugawa Ieyasu yang cukup banyak didasarkan pada diri mereka sendiri. Nobunaga, Hideyoshi, dan Ieyasu yang terkenal feodal utama (daimyo) yang berkontribusi untuk penyatuan Jepang. Hideyoshi menggantikan Nobunaga, yang akhirnya menaklukkan Jepang. Mitsuhide berada di bawah Nobunaga, tapi mengkhianati dia dan memaksa dia untuk bunuh diri / seppuku selama Insiden di Honnoji. Setelah kehilangan tuan dan putra sulungnya (yang juga melakukan bunuh diri setelah mendapatkan diserang oleh Mitsuhide), Hideyoshi berjuang untuk balas dendam dan mengalahkan Mitsuhide dalam Pertempuran Yamazaki. Ieyasu adalah shogun pertama dari Keshogunan Tokugawa yang memerintah setelah mereka. Dalam Gintama, simbol di celana dalamnya adalah klan Tokugawa.

Goemon

Ishikawa Goemon (石川 五 右卫门), seorang penjahat terkenal yang berusaha pembunuhan Toyotomi Hideyoshi.

 

 

 

 

Unkei & Kaikei (ウンケイ&カイケイ)

Unkei dan Kaikei, tukang pengiriman yang dikirim oleh Sakamoto untuk memperbaiki rumah Gintoki, didasarkan pada dua pematung dengan nama yang sama, Unkei (运 庆) dan Kaikei (快 庆).

 

 

 

Hashida Kahei (橋田賀兵衛)

Kakek dari bayi yang mirip Gintoki (Infant Strife Arc) didasarkan pada tokoh pedagang yang sukses bernama Takadaya Kahei (高田 屋 嘉 兵卫).

 

 

 

 

Toyama Chintaro

Hakim jahat yang “menculik” Elizabeth untuk memancing keluar Katsura ini namanya berasal dari seorang hakim kota Keshogunan Tokugawa, Toyama Kinshiro (远山 金 四郎).

 

 

 

Kiyokawa Shichiro (清河七郎)

Orang yang Okita ditangkap karena terlibat serangan kedutaan dan pembunuhan seorang perwira ini namanya berasal dari pendiri Roshigumi, Hachiro Kiyokawa (清河 八郎). “Shichi” artinya “tujuh” dan “hachi” artinya “delapan”.

Udah sekian posting dari ane. Semoga bermanfaat and maaf kalau kalimatnya salah atau nggak nyambung.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Sumber:

www.afesub.com

www.yorozuyasoul.com

Posted on 23 April 2012, in anime and tagged , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. emm mungkin maksudnya japan/nippon? soalnya setau saya nihon itu artinya bahasa jepang

  2. Terima kasih banyak buat infonya, berguna banget nih. Jd bisa belajar sejarah Jepang.😄

  3. Kagura berarti karangan dong. Sejarahnya gak ada

  4. update dong, sampai tokugawa nobunobu, “utsuro” sama amanto

Silahkan komentar disini^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: