Tugas Karya Tulis

Nyebelin banget kalau liburan suruh ngerjain lks dari sekolah. Itu yang w alamin waktu pergi ke jogja. Embel-embelnya sih “study tour”-_-. Tapi… walau study tour tetep aja kebanyakan nikmatin liburan selama di sana daripada ngerjain lks^_^. Lagian w juga udah naik di kelas 12 jadi kan seharusnya udah nggak ada lagi tugas*betul nggak?*. Nah ini dia kerangka karya tulis yang udah w buat. Semoga berguna bagi yang sedang pusing-pusingnya ngerjain tugas ini^^

HALAMAN COVER:

KARYA TULIS PENGENALAN KEHIDUPAN MASYARAKAT LUAR IBU KOTA

KE YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH

TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

(gambar)

Disusun oleh:

(Penulis)

(Alamat sekolah)

2011

HALAMAN PENGESAHAN:

Karya tulis dengan judul “Karya Tulis Pengenalan Masyarakat Luar Ibukota”

Disusun oleh: (Penulis)

Telah disahkan pada

Hari: Jumat

Tanggal: 8 juli 2011

Pembimbing: (Nama Ketua Pelaksana)

(Nama Guru Pebimbing)

KATA PENGANTAR:

KATA PENGANTAR

Puji Syukur Penulis panjatkan kehadiran Allah SWT, yang selalu memberikan Rahmat dan Nikmat-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.

Adapun karya tulis ini disusun untuk tugas penulisan laporan kegiatan selama berada di luar ibu kota, yakni ke Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang penulis sajikan berdasarkan pengamatan di lapangan dan berbagai sumber. Karya tulis ini disusun oleh penulis dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari luar maupun yang datang dari dalam. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksanaan kegiatan PKLM yang telah membimbing penulis agar dapat menyelesaikan karya tulis ini.

Dengan segala keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk karya tulis berikutnya.

Dan akhir kata, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca terutama para siswa untuk menambah wawasan. Terima kasih.

Jakarta, Juli 2011

Penulis

DAFTAR ISI:

DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan……………………………………………………………………… v

Kata Pengantar……………………………………………………………………………. vi

Daftar Isi………………………………………………………………………………….. vii

Bab 1  Pendahuluan………………………………………………………………………… 1

Bab 2  Isi…………………………………………………………………………………………. 2

Bab 3 Penutup………………………………………………………………………………. 2

Daftar Pustaka………………………………………………………………………………. 3

Lampiran – lampiran………………………………………………………………………… 4

PENGENALAN KEHIDUPAN MASYARAKAT LUAR IBU KOTA

 1.      Pendahuluan

Dengan memperkenalkan budaya ketimuran, adap pergaulan, tata karma dan ilmu dasar yang difilterisasi, bakat siswa-siswi dapat terasah dengan baik, sehingga mereka punya cukup bekal di masa depan. Hal ini kemudian menjadi suatu dilematika ketika semua hal tersebut tidak terjadi dalam lingkup kecil kehidupan siswa. Akhirnya di lingkungan yang lain akan menciptakan suasana pembekalan yang berbeda.

Pemahaman kognitif, psikomotorik dan afektif yang telah diterapkan dirasa masih belum seimbang, sehingga ketika dihadapkan dengan dunia nyata menjadi setengah jalan. Guna membantu mengapresiasikan serta menyelaraskan ke tiga aspek diatas sekolah mengambil sebuah metode modern untuk pembekalan peserta didik dan membantu merelevansikan bidang kajian ilmu yang telah didapat disekolah dengan kehidupan masyarakat yang ada.

Study wisata dengan kemasan untuk pengenalan siswa / i kepada kehidupan masyarakat di luar ibukota dalam adaptasi dan interaksi mengharapkan metode belajar ini akan memberikan banyak analisa dan evaluasi sederhana pada pola pikir siswa setelah menyandingkan bidang kognitif dari sekolah dengan kajian praktis dilapangan yang akan mempengaruhi sikap, empati dan kematangan emosional dalam menentukan orientasi tindakan diri menghadapi perkembangan iptek dan imtaq di masa yang akan datang.

Pengenalan kepada masyarakat dengan bimbingan dan pengarahan yang terkonsep tanpa menggantikan kemampuan mereka berinteraksi ini menjadi pedoman siswa disetiap lingkugan pergaulan. Kemampuan mereka memilih, memilah dan kecakapan norma proteksi individu menjadikan nilai plus. Gambaran ini cukup sederhana namun menjadi renungan bersama ketika semua diawali dari langkah kecil dan terarah untuk pencapaian tujuan yang optimal.

2.      Isi

Dari kegiatan study wisata ini, penulis mempelajari banyak hal. Mulai dari kultur sosial, ekonomi, religi, mitos, akulturasi budaya, dll. Berikut rincian singkat lokasi dan kegiatan penulis teman – teman yang lain selama melakukan kegiatan study tour di luar ibukota.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kawasan Ketep Pass di Magelang. Disini penulis dan teman-teman yang lain mempelajari kultur, sosial dan ekonomi serta norma- norma masyarakat lereng merapi yang masih kental dengan sistem animisme dinamismenya dan kehidupan yang masih tradisional. Lokasi yang kedua adalah Taman Kyai Langgeng. Di lokasi ini, penulis mempelajari keanekaragaman flora dan fauna langka koleksi Taman Kyai Langgeng dan mengenal lebih dekat mastarakat asli di sini.

Lokasi yang ketiga adalah Candi Borobudur. Penulis dan teman-teman yang lain belajar tentang arkeologi, religi, peradapan kuno, mitos, dan lain – lain selama berada di Candi ini. Lokasi keempat adalah Pantai Kukup di Wonosari. Di pantai ini selain menikmati pemandangan pantai yang indah, penulis belajar mengenai ekosistem dan biota laut yang ada di pantai ini.

Lokasi kelima adalah Candi Prambanan di Yogyakarta. Di sini, penulis dan teman – teman yang lain mendapat pemahaman lebih lanjut mengenai legenda, peradapan Jawa kuno dan nilai kultur yang masih dirasakan kuat menyatu dengan masyarakat Candi Prambanan. Lokasi keenam adalah Kawasan Malioboro. Di kawasan ini selain berbelanja untuk oleh – oleh, penulis dan teman – teman yang lain dapat menelusuri akulturasi budaya tradisional dan modern yang dapat bersanding tanpa menghilangkan makna sesungguhnya dan sebagai sumber inspirasi.

Dan lokasi yang terakhir adalah Goa Jatijajar di Gombong. Di tempat ini, penulis dan teman – teman yang lain mengkaji lebih jauh proses terjadinya kars, stalakmit, stalaktit dan semua jenis ekosistem, legenda, mitos dan sinergi kehidupan social ekonomi masyarakat sekitar Goa Jatijajar.

3.      Penutup

Dari serangkaian lokasi dan kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa study tour ini selain untuk mengisi waktu liburan, juga dapat menambah wawasan dan metode belajar yang beda dari biasanya untuk para murid, panitia kegiatan dan terutama untuk penulis sendiri. Jadi selain liburan menyenangkan, semua bias berbelanja oleh – oleh untuk keluarga tercinta di rumah.

Daftar Pustaka

Panitia Kegiatan (Wali Kelas IPA & IPS). 2011. Lembar Tugas Kegiatan Pengenalan Kehidupan Masyarakat Luar Ibu Kota ke Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jakarta: SMA Kemala Bhayangkari 1.

Kurniawaty, Desi. 2004. Asuhan Keperawatan Pada Klien Nn. B dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah. Jakarta: Akademi Keperawatan Hang Tuah.

Krisdiyanto, S.Pd., Anang. 2009. Bahasa Indonesia Sesuai Standar Isi 2006. Klaten: CV. Grafika 27.

 

Sumber lain:

http://id.answer.yahoo.com/

http://chanersyah1945.blogspot.com/

http://id.istanto.net/

http://nanaw14.wordpress.com/

Lampiran – lampiran

(Foto-foto selama perjalanan)

Posted on 17 Juli 2011, in diary and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silahkan komentar disini^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: